Pages

Subscribe:

Selasa, 19 Juni 2012

Kumpulan Berbagai Ilmu Dalam Satu Ayat

Al-Qur’an layaknya sebuah kitab ilmu yang sangat hebat. Didalamnya terdapat ilmu yang amat banyak dan sangat beragam. Bahkan dalam satu ayat saja, bisa menyimpan 5 cabang ilmu yang berbeda-beda. Tidak percaya? Perhatikan ulasan singkat berikut:

Allah SWT berfirman,


Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan” (Al-Baqarah : 164)

Ayat diatas menerangkan denga jelas berbagai cabang ilmu pengetahuan modern, diantaranya 5 ilmu berikut:


1. Ilmu Falak (astronomi), “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih berganti malam dan siang”.


2. Ilmu Kelautan, “Bahtera yang berlayar di laut”.


3. Ilmu Pertanian (agronomi), “Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya”.


4. Ilmu Hewan (zoologi), “Dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan”.


5. Ilmu Tinjauan Cuaca (meteorologi), “Dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi”.

Ini adalah salah satu contoh dari banyaknya contoh kandungan ayat Al-Qur’an yang menerangkan berbagai ilmu pengetahuan. Banyak sekali ditemukan mukjizat ilmu pengetahuan dalam Al-Qur’an secara garis besar. Apalagi, ketika ditemukan kesesuaian antara makna kalimat dengan realita, seseorang akan beranggapan bahwa ayat ini hanya mengandung satu permasalahan. Namun, pada saat dianalisis ternyata mengandung banyak ilmu. Inilah yang membuat takjub para pakar ilmu balaghah dan tafsir.

Sebagai seorang muslim, sudah sepantasnya kita bangga dengan kitab suci ini. Mukjizat terbesar yang didalamnya tidak hanya terkandung tuntunan hidup (pokok-pokok tauhid), akan tetapi juga terkandung ilmu pengetahuan yang luar biasa. Tugas kita untuk terus membacanya, memperlajarinya, memperdalamnya, juga mengamalkannya.

~Mukjizat Ilmiah Dalam Al-Qur’an; M. Kamil Abdushshamad; Akbar Media Eka Sarana~

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa comment nya.... Saran atau kritik jangan lupa... Comment gajelas juga gapapa, hehe...
Thanks Before!