Pages

Subscribe:

Minggu, 10 Juni 2012

Anda Ngeblog? Atau Nulis Blog?

Assalamu’alaikum Sobat Blogger !
Semoga selalu sehat ya !
Salam dari Ardislamiansyah !

Ngomong-ngomong tentang blog, tentu erat hubungannya dengan Blogging (ya iyalah). Eittss...tapi ternyata Blogging itu punya 2 makna lho! (ah masa?) Iya..serius deh.

2 makna itu tidak lain adalah : Ngeblog dan Nulis Blog.

Sepintas keduanya terlihat kembar, tapi ada bedanya lho. Untuk mempermudah simaklah dua kisah berikut:


Bray adalah seorang siswa SMA. Hobinya cuman 1, yaitu ONLINE. Tiada hari tanpa buka internet menurut kamus hidupnya. Di SMA tentu jadwal belajar sangat padat, namun ia tetap ingin terus aktif di dunia maya. Alih alih iseng, akhirnya ia punya ide untuk membuat sebuah blog, tentunya dalam domain yang free, yakni Blogger.com .

Setelah blog berhasil dibuat, Bray kebingungan untuk mengisinya dengan apa. Namun akhirnya ia mendapat ide untuk mengisinya dengan materi materi SMA, sekalian belajar katanya. Hari-hari pun berlalu dengan kegiatan ngeblognya yang selalu copas (copy-paste) materi SMA di internet kedalam blognya. Tiap dapat materi disekolah, ia langsung cari di internet dan di copas ke blognya dengan mencantumkan alamat sumbernya.

Lama kelamaan banyak pengunjung yang singgah di blognya. Blog Bray yang hanya berisi materi SMA pun mulai tenar dibicarakan di dunia maya. Sempat ada seseorang yang bertanya di Y!A, ‘dimana materi SMA yang lengkap?’ Rata-rata menjawabnya dengan ‘liat saja di Blognya Bray, semua materi SMA ada disitu kok’.

Nah, kisah diatas itulah yang disebut sebagai “NGEBLOG”. Bagaimana dengan Nulis Blog? Ceritanya ada dibawah ini.

Bray, seorang siswa SMA yang amat suka dengan pelajaran Biologi. Pernah ia bercita-cita ingin menjadi penulis buku Biologi namun tak kesampaian. Atas usul seorang teman, ia pun memilih untuk membuat blog di Blogger.com .

Karena kecintaannya dengan Biologi, Bray pun rajin menge-post tentang materi Biologi. Referensi yang ia dapat di sekolah dan di internet ia gabungkan dan ia tulis dalam sebuah postingan yang isinya ia jabarkan kembali dengan lebih lengkap dan mudah dimengerti.

Hari berlalu dengan kegiatan Nulis Blognya. Kian hari, materi yang ia tulis makin bertambah banyak dan makin lengkap. Blognya pun sering dikunjungi oleh mereka yang membutuhkan materi Biologi untuk berbagai keperluan. Hingga beberapa penerbit buku Biologi mencantumkan “Blognya Bray” kedalam daftar pustaka salah satu terbitan bukunya.

Nah, gimana? Udah jelas kan bedanya?

Kalo sobat-sobat Blogger yang mampir disini gimana? Anda Ngeblog? Atau Nulis Blog? Share disini yah! Gunakan kotak komentar dibawah!

Syukron !

Wassalamu’alaikum ^^

15 komentar:

  1. Kayaknya gua duaduanya dahh. Mau nulis blog kek mau ngeblog kek yang penting bukan goblok -_-"

    BalasHapus
  2. http://www.ilhamibnupurnomo.co.cc/
    tolong follow back ya gan..? SALAM BLOGGER

    BalasHapus
  3. Keep bloging, my bro...

    Salam hangat selalu,

    BalasHapus
  4. waah,kalau di tanya gitu agak bingung juga jawabnya :)
    termasuk 2 duanya kali :D

    BalasHapus

Jangan lupa comment nya.... Saran atau kritik jangan lupa... Comment gajelas juga gapapa, hehe...
Thanks Before!