Pages

Subscribe:

Selasa, 20 Desember 2011

Keadilan Islam Taklukkan Seorang Yahudi

Alkisah, tatkala Ali r.a. pergi ke perang Shiftrin, ia kehilangan baju besinya. Lalu, ketika perang usai dan pulang kembali ke kota Kuffah, ia melihat baju besinya sendiri sedang berada ditangan seorang Yahudi. Lalu ia pun berkata kepada Yahudi itu, “Baju besi itu milikku, dan aku tidak pernah menjual ataupun memberikannya”.

Yahudi menjawab, “Baju besi ini milikku dan ada di tanganku”.

Lalu Ali r.a. menimpali, “Kalau begitu, mari kita menuju hakim!”.

Kemudian, ketika berada di depan hakim, Ali r.a. maju dan duduk disamping Hakim Syuraih, seraya berkata, “Seandainya saja ia bukan seorang Yahudi niscaya aku akan duduk disampingnya dalam pengadilan. Akan tetapi aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Hinakanlah mereka (Yahudi) karena Allah telah menghinakan mereka juga”.

Syuraih mulai berkata, “Sebutkan dakwaan Anda, Amirul Mu’minin!”


Beliau menjawab, “Baik. Baju besi yang berada di tangan Yahudi itu adalah milikku. Dan aku tidak pernah menjual atau memberikannya kepada siapapun juga”.

Syuraih kembali berkata, “Apa pembelaanmu, Yahudi?”

Ia menjawab, “Baju besi ini adalah milikku dan berada di tanganku”.

Syuraih berkata lagi, “Apakah Anda punya bukti, Amirul Mu’minin?”

“Ada, kesaksian Qunbur dan Hasan. Dua orang itu akan bersaksi bahwa baju besi itu adalah milikku”, ujar Ali r.a.

“Kesaksian anak tidak bias membela ayahnya”, kata Syuraih menyanggah.

Ali r.a. berkata lagi, “Seorang dari penduduk surga tidak diterima kesaksiannya? Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Hasan dan Husein dua pemimpin pemuda surga.’”

Lalu, hakim Syuraih tetap memutuskan bahwa baju besi itu adalah milik Yahudi dengan alas an tidak adanya bukti yang dapat diberikan oleh Amirul Mu’minin, Ali bin Abi Thalib.

Tetapi Yahudi itu malah berkata, “Amirul Mu’minin sendiri telah mengadukan aku ke hakim tetapi hakim malah menyalahkannya. Aku bersaksi bahwa ini adalah benar dan aku bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan Muhammad adalah Rasulullah. Adapun baju besi itu adalah milikmu”.

~100 Kisah Teladan Tokoh Besar; Gema Insani Press~

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa comment nya.... Saran atau kritik jangan lupa... Comment gajelas juga gapapa, hehe...
Thanks Before!