Pages

Subscribe:

Selasa, 20 Desember 2011

Allah SWT Kagum Dengan Perbuatan Kalian Berdua

Alkisah, seseorang mendatangi Rasulullah SAW seraya berkata, “Ya Rasul, saya kelaparan”. Lalu Rasulullah SAW mendatangi salah seorang istri beliau, tetapi istri beliau tersebut menjawab, “Demi Allah, aku tidak punya apa-apa dan yang ada hanya air”.

Setelah itu, Rasul mendatangi istrinya yang lain tetapi dijawab juga dengan ucapan yang sama hingga beliau mendatangi semua istri beliau dan semuanya menjawab dengan jawaban yang sama, “Demi Allah, aku tidak punya apa-apa dan yang ada hanya air saja”. Kemudian, Rasulullah SAW mengumumkan, “Siapa yang mau menjamu tamu pada malam ini? Semoga Allah merahmatinya”.

Tiba-tiba seorang lelaki dari kaum Anshar berdiri dan berkata,
“Saya, ya Rasul”. Lalu, lelaki Anshar itu bergegas pulang terlebih dahulu dan bertanya kepada istrinya di rumah, “Apakah kamu memiliki persediaan makanan?”. Istrinya menjawab, “Tidak, makanan yang ada hanyalah jatah makan anak kita”.

Lelaki Anshar itu lanjut berkata, “Kalau begitu, cepat tidurkan anak kita! Kemudian, bila tamu kita telah datang maka kamu nyalakan lampu agar ia melihat kita sedang makan. Lalu, ketika ia sudah bersiap makan, maka kamu segera matikan lampu!”.

Setelah itu, sang istri menidurkan anaknya. Tatkala tamunya datang lampu dirumahnya ia nyalakan hingga sang tamu masuk. Ketika si tamu mulai memakan hidangan yang disiapkan, lampu seisi rumah pun dimatikan. Sang tamu makan dan menyangka si pemilik rumah ikut makan karena suara sendok dan piring yang didengarnya. Padahal itu berasal dari sendok dan piring yang dibunyi-bunyikan oleh lelaki Anshar tersebut. Ini berlangsung hingga si tamu menghabiskan hidangannya.

Keesokan harinya, lelaki Anshar tersebut menghadap Nabi SAW, lalu dikomentari Nabi, “Allah sangat kagum dengan perbuatan kalian berdua semalam terhadap tamu kalian itu”.

Disebutkan dalam beberapa riwayat bahwa sahabat Anshar tersebut bernama Abu Thalhah Al-Anshariy dan istrinya Ummu Sulaim r.a.

~100 Kisah Teladan Tokoh Besar; Gema Insani Press~

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa comment nya.... Saran atau kritik jangan lupa... Comment gajelas juga gapapa, hehe...
Thanks Before!