Pages

Subscribe:

Kamis, 27 Oktober 2011

Definisi Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial dan budaya bukanlah sesuatu yang asing lagi di masyarakat. Perubahan pasti dan terus terjadi di berbagai aspek kehidupan. Yang membedakan hanyalah cepat lambatnya perubahan tersebut diterima dan berkembang di masyarakat.

Namun sesungguhnya apakah yang dimaksud dengan perubahan sosial budaya??

Mari kita definisikan tiap katanya berdasarkan arti sosiologi dan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Perubahan >> Adalah suatu keadaan yang berbeda dengan keadaan sebelumnya.

Sosial >> Adalah suatu keadaan yang ada dalam masyarakat.

Budaya >> Adalah pola pikir yang berwujud pola kebiasaan.

Nah, mari kita coba gabungkan ketiga kata tersebut beserta artinya.....

Perubahan Sosial Budaya >>> Adalah perubahan yang terjadi pada masyarakat dan diawali dari perubahan pola pikir.

Pernyataan diatas tentu pendapat yang tentu berbeda setiap orangnya, tergantung sudut pandang (perspektif) seseorang dalam melihat perubahan sosial budaya dan mengartikannya. Berikut pendapat-pendapat dari para ahli sosiologi mengenai perubahan sosial budaya:


Bruce J. Cohen, menyatakan bahwa perubahan sosial budaya adalah perubahan struktur sosial dalam organisasi sosial sehingga syarat dalam perubahan itu adalah sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai sosial dan budaya masyarakat. (pengantar buku Sociology).

W. Kornblum, berpendapat bahwa perubahan sosial budaya adalah perubahan suatu budaya masyarakat secara bertahap dalam jangka waktu lama (dalam buku Sociology in Changing World).

John Lewis Gillin dan John Philips Gillin, menyatakan bahwa perubahan sosial budaya merupakan variasi cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan kondisis geografis, kebudayaan, material, komposisi penduduk, ideologi, ataupun karena adanya difusi ataupun penemuan baru di masyarakat.

Max Weber, berpendapat bahwa perubahan sosial budaya adalah perubahan situasi dalam masyarakat sebagai dampak adanya ketidaksesuaian unsur-unsur (dalam buku Sociological Writings).

William F. Orgbun, menyatakan bahwa perubahan sosial budaya mencakup unsur-unsur kebudayaan, baik material maupun non-material.

Samuel Koening, mengatakan bahwa perubahan sosial budaya menunjuk pada modifikasi yang terjadi dalam pola kehidupan manusia. Modifikasi-modifikasi tersebut terjadi karena sebab-sebab intern dan ekstern.

Mac Iver, mengatakan bahwa perubahan sosial budaya adalah perubahan-perubahan dalam hubungan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan sosial tersebut.

Drs. Anwar Kurnia, mengemukakan bahwa perubahan sosial budaya adalah perubahan yang terjadi pada unsur-unsur sosial budaya dalam kehidupan masyarakat. Perubahan tersebut menyangkut berbagai aspek, seperti: perubahan cara hidup, perubahan sistem masyarakat, perubahan lembaga masyarakat, dll.


Sekian dulu pembahasan tentang “Perubahan Sosial Budaya”. Insya Allah disambung lagi di lain kesempatan.

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

4 komentar:

Jangan lupa comment nya.... Saran atau kritik jangan lupa... Comment gajelas juga gapapa, hehe...
Thanks Before!